Pembentukan Karakter Siswa melalui Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar

Authors

  • Maria Fatina wea IFTK LEDALERO
  • Armelia Contesa Dhajo Tage IFTK Ledalero

DOI:

https://doi.org/10.52075/vctjpk.v3i2.200

Keywords:

PEMBENTUKAN KARAKTER, NILAI-NILAI, PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama katolik di sekolah. Penulis melihat bahwa permasalahan pendidikan saat ini adalah kemerosotan moral siswa yang membuat mereka kurang sopan dan kurang menghargai orang lain, misalnya menggunakan kata-kata kotor, tidak jujur dan lain sebagainya. Pada era ini, karakter siswa banyak menyimpang dari norma-norma yang berlaku sehingga perlunya pendidikan agama katolik sebagai usaha untuk menanamkan nilai-nilai yang berkaitan dengan karakter siswa. Penanaman nilai karakter melalui pendidikan agama katolik sangat afektif untuk menangani bahkan mencegah kebiasaan buruk yang terjadi pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter yang dapat dibentuk dan cara pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama katolik di sekolah.  Penelitian ini merupakan jenis  penelitian  kepustakaan  (library research),  yaitu suatu  penelitian yang data-datanya berasal  dari  literatur-literatur  yang terkait dengan nilai-nilai pembentukan karakter dan pendidikan agama katolik di sekolah. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian di atas dapat disimpulkan, Pendidikan agama katolik merupakan suatu bentuk pemahaman untuk siswa, agar siswa semakin mengenal imannya dan dapat mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan norma agama dan sosial yang berlaku. Pendidikan agama katolik dapat membentuk karakter siswa melalui nilai-nilai karakter yang sesuai dengan iman kristiani.           

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

wea, M. F., & Contesa Dhajo Tage, A. (2023). Pembentukan Karakter Siswa melalui Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar. VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK, 3(2), 31 - 35. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v3i2.200