Implementasi Pendidikan Katolik menurut dokumen Identitas Sekolah Katolik untuk Budaya Dialog
DOI:
https://doi.org/10.52075/vctjpk.v3i2.368Keywords:
Multikultural, Lembaga Pendidikan, Pendidikan KristianiAbstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan preferensi baru dalam penerapan identitas Katolik di sekolah-sekolah Katolik, berdasarkan dokumen “Identitas Sekolah Katolik untuk Budaya Dialog”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mempelajari dan mengkaji literatur dari dokumen Gereja, artikel jurnal nasional dan internasional, serta dokumen negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan Katolik, berdasarkan dokumen “Identitas Sekolah Katolik untuk Budaya Dialog”, dapat dilaksanakan melalui partisipasi dan peran dari subjek-subjek pendidikan seperti orangtua, lembaga pendidikan, tenaga kependidikan, negara, serta pimpinan Gereja. Isi dari dokumen “Identitas Sekolah Katolik untuk Budaya Dialog” sangat cocok dan benar-benar berkembang di sekolah-sekolah Katolik pada saat ini. Orang Tua sebagai pendidik pertama perlu mengupayakan pemilihan pendidikan Katolik yang terbaik bagi anak-anaknya. Sekolah Katolik harus membaharui semangat dan sistem pendidikan terutama dalam situasi sekolah yang multikultural. Para guru di sekolah-sekolah Katolik harus dibina untuk mempertahankan nilai-nilai Injili dalam mendidik peserta didik seraya membaharui metode pengajaran dan ilmu-ilmu yang relevan. Negara perlu mendukung dan memfasilitasi jalannya pendidikan di sekolah-sekolah Katolik melalui regulasi, dan pengawasan. Para pemimpin Gereja perlu memperhatikan dan menjadi penentu bagi identitas Kekatolikan sebuah sekolah. Dengan demikian, Pelaksanaan pendidikan Katolik yang terdorong oleh nilai-nilai Injili serta pembentukan perserta didik yang integral dapat terlaksana dengan baik dan relevan terutama untuk menghadapi fenomena dunia yang multikultural.
References
Adon, M. J. (2021) ‘The Spirituality Of Catholic Teachers in Implementing Multicultural Education in Indonesia’, Millah: Jurnal Studi Agama, 21(1). doi: 10.20885/millah.vol21.iss1.art10.
Congregation for Catholic Education. (1977) The Catholic School. Tersedia pada; https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_19770319_catholic-school_en.html. (Diakses pada: 2 Desember 2023)
Congregation for Catholic Education. (1982) Lay Catholic in School. Tersedia pada: https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_19821015_lay-catholics_en.html. (Diakses pada: 4 Desember 2023)
Congregation for Catholic Education. (1988) The Religious Dimension of Education in a Catholic School. Tersedia pada: https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_19880407_catholic-school_en.html. (Diakses pada: 2 Desember 2023)
Congregation for Catholic Education. (1997) The Catholic School on The Threshold of The Third Millenium. Tersedia pada: https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_27041998_school2000_en.html (Diakses pada: 4 Desember 2023)
Congregation for Catholic Education. (2007) Educating Together in Catholic Schools. A Shared Mission between Consecrater Person and The Lay Faithful. Tersedia pada: https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_20070908_educare-insieme_en.html. (Diakses pada: 1 Desember 2023)
Congregation for Catholic Education. (2013) Educating to Intercultural Dialogue in Catholic Schools. Living In Harmony for a Civilizzation of Love. Tersedia pada: https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_20131028_dialogo-interculturale_en.html. (Diakses pada: 4 Desember 2023)
Congregation for Catholic Education. (2014) Educating Today and Tomorrow: A Renewing Passion (Instrumentum Laboris). Tersedia pada https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_20140407_educare-oggi-e-domani_en.html. (Diakses pada: 1 Desember 2023)
Congregation for Catholic Education. (2017) Educating to Fraternal Humanism: Building a ‘Civilization of Love’ 50 Years after Populorum Progressio. Tersedia pada: https://www.vatican.va/roman_curia/congregations/ccatheduc/documents/rc_con_ccatheduc_doc_20170416_educareumanesimo-solidale_en.html. (Diakses pada: 4 Desember 2023)
DOKPEN KWI. (2015) Seri Dokumen Gerejawi No. 97: Mendidik di Masa Kini dan Masa Depan: Semangat yang diperbaharui.Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
DOKPEN KWI. (2021) Seri Dokumen Gerejawi No. 124: Fratelli Tutti. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI
DOKPEN KWI. (2021) Seri Dokumen Gerejawi No. 23b: Gravissimus Educationis. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
DOKPEN KWI. (2022) Seri Dokumen Gerejawi No. 131: Identitas Sekolah Katolik untuk Budaya Dialog. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
Indonesia, S. (2003) UU No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.
Kencana, J. P. dan Marianta, Y. I W. (2023) ‘Peran Kaum Muda Desa Labang dalam Upaya Pelestarian Budaya Suku Dayak Rebahan dalam Perspektif Evring Goffman’, Jurnal Budaya Nusantara 6(1), h. 214-220.
Pasi, G. (2018) ‘Peran Keibuan Gereja dalam Katekese’, Seri Filsafat Teologi, 28(27), 95-109
Paulus, Y. (2004) Addres of John Paul II to The Bishops of The Provinces of Portland in Oregon, Seattle and Anchorage on Their “Ad Limina” Visit. Tersedia pada: https://www.vatican.va/content/john-paul-ii/en/speeches/2004/june/documents/hf_jp-ii_spe_20040624_usa-bishops.html (Diakses: 6 Desember 2023)
Riyanto, A. (2013) Menjadi-Mencintai: Berfilsafat Teologis Sehari-hari. Yogyakarta: Kanisius
Simatupang, E. S. et al. (2022) ‘Eksistensi Pelaku Kasus Kekerasan Seskual di Satuan Pendidikan Berbasis Boarding School Perspektif Soren Aabye Kierkegaard’, Jurnal Yaqzhan, 8(2), h. 330–347.
Tanggur, F. S. dan Nitte Y. M. (2019) ‘Praktik Pendidikan Agama pada Siswa-siswi Non Katolik di Sekolah Dasar Katolik Se-kota Kupang’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 11(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rivaldo Wilhelmus Gili Gedo, Armada Riyanto, Mathias Jebaru Adon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.