Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai

Authors

  • Skolastika Krisna SMA Negeri 1 Serawai
  • Oktavianey G.P.H Meman STAKat Negeri Pontianak
  • Cenderato Cenderato STAKat Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52075/vctjpk.v2i2.104

Keywords:

Peran guru, Motivasi belajar, Peserta didik

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana peran Guru PAK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai? 2) Apa faktor yang memengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai? Peneliti menggunakan Bentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif agar peneliti dapat mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam mengenai fakta-fakta yang tampak berkaitan dengan “Peran guru Agama Katolik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai”. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Guru Pendidikan Agama Katolik, delapan orang peserta didik dan kepala sekolah SMA Negeri 1 Serawai. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan upaya penarikan kesimpulan. Temuan utama dalam penelitian ini bahwa guru pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti telah melaksanakan perannya dengan memberi angka, memberi hadiah berupa pujian, menciptakan persaingan, menciptakan keterlibatan, memberi ulangan, menyampaikan hasil, memberi hukuman dan menumbuhkan hasrat dan minat. Temuan lain yaitu faktor yang memengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah Kesehatan fisik, keinginan untuk maju, gangguan emosional, sikap guru dan sarana prasarana dan faktor yang paling dominal memengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah sikap guru

References

Anggito A & Setiawan J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.

Chomaidi & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Datus, K., & Wilhemus, O. R. (2018). Peranan Guru Agama Katolik Dalam Meningkatkan Mutu Dan Penghayatan Iman Siswa Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Madiun Melalui Pengajaran Agama Katolik. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20(10), 144-166.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014).

Emanuel Ds Fransiskus. 2018. Guru Katolik. Yogyakarta: Kanisius. Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1).

Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skirpsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1)

Haru, E. (2019) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) Di Era Milenial Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Arternatif-Wacana Ilmiah Interkulutral, 1(1), 37-64.

Iryanto, A., & Ardijanto, D. B. K. (2019). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Katolik Tentang Tugas Misioner Gereja Dan Pelaksanaannya Di Slta Katolik Kota Madiun. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 19(1), 100-115.

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69-80.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajar Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustafa, Pinton Setya dkk. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olehraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Pontianak: Gadja Mada University Press.

Ngandas, M.G. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Materi Allah Adalah Sumber Keselamatan Yang Sejati Kelas IX SMPS Hanura Danga Tahun Pelajaran 2018/2019. Warta Pendidikan. e-Jurnal, 5(10),31-44.

Rijali, A. (2019). Analisis data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.

Siti, M dan Alif, M. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya Serang.

Sugiyono, 2013. Metode penelitian kualitatif, kuatitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Wi dya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Suko. 2020. Menjadi Calon Guru. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Muhibbin, S 2019. Psikologi Belajar. Depok: Raja Grafindo Pustaka.

Uno, B. Hamzah. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Krisna, S., Meman, O. G., & Cenderato, C. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Serawai . VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK, 2(2), 70 - 76. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v2i2.104