Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 4 Satu Atap Nanga Taman

Authors

  • Oktavianey G. P. H. Meman STAKAT Negeri Pontianak
  • Eka Nanak SMPN 4 Satu Atap Nanga Taman
  • Cenderato Cenderato STAKat Negeri Pontianak
  • Gustaf Hariyanto STAKat Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52075/vctjpk.v4i1.432

Keywords:

Influence, Inquiry Learning Model, Learning Outcomes

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, kurangnya semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, pada akhirnya hasil belajar peserta didik tidak mencapai KKM. Bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pre-eksperimental design one-group pretest-pottest. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Satu Atap Nanga Taman yang beragama katolik. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah model pembelajaran inkuiri. Pengambilan keputusan uji hipotesis menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan pada pengolahan data hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri adalah 56,67 atau ketuntasan belajar peserta didik mencapai 16,67%. Sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri mencapai 78,33 atau ketuntasan belajar peserta didik mencapai 83,33%. Berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji paired sample T-test bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0.020 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest. Berdasarkan perhitungan uji effect size diperoleh angka 1,65 atau  0,8 dengan kriteria besar. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik.

 

References

Ananda, R & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Astiti, K. A. (2017) Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).

Cahyani, N. P. M., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 4(3): 362-370.

Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Purwoketo: Yayasan Sanitarian Banyumas.

Khairunnisa., Sari, F.F., & Anggelena, M. (2022). Penggunaan Effec Size sebagai Mediasi dalam Korelasi Efek Suatu Penelitian. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education. 5(2): 138-151.

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA

Parsa, I. M. (2017). Evaluasi Proses & Hasil Belajar. Kupang: CV. Rasi Terbit.

Ramadhan, F., dkk. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi Remap Stap. Jurnal Pendidikan. 2(5): 610-615.

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA.

Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Setyo, N. A., Wahjoedi., & Setyawan, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan. 7(3): 119-125.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suko. (2020). Menjadi Calon Guru. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Umam, H.I., Jiddiyyah, S.H. (2021) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu. 5(1): 350-356.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Jakarta: Sisdiknas

Wahyuning, S. (2021). Dasar-Dasar Statistik. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 7(1): 17-23

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Meman, O. G. P. H., Nanak, E. . ., Cenderato, C., & Hariyanto, G. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 4 Satu Atap Nanga Taman . VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK, 4(1), 80 - 94. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v4i1.432

Issue

Section

Articles