Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristiani dan Tanggung Jawab Kaum Awam dalam Perkembangan Panggilan Imam di Kalangan Kaum Muda

Authors

  • Dismas Kwirinus STFT Widya Sasana Malang
  • Valentinus Saeng STFT Widya Sasana Malang

DOI:

https://doi.org/10.52075/vctjpk.v3i2.240

Keywords:

Kaum awam, Kaum muda, Panggilan imam, Pendidikan Kristiani

Abstract

Fokus penelitian ini mengkaji tentang “Implementasi nilai-nilai pendidikan Kristiani dan tanggung jawab kaum awam dalam perkembangan panggilan imam di kalangan kaum muda”. Perhatian terhadap panggilan imamat di antara kaum muda memerlukan langkah-langkah yang konkret. Kesatuan dalam tindakan konkret tersebut sangat diperlukan. Usaha-usaha yang bisa dan mungkin dilakukan seperti persekutuan dan pelayanan untuk menumbuhkan imamat terhadap nilai-nilai dan panggilan hidup sebagai imam, di antara kaum muda Katolik. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterlibatan kaum awam dalam pengembangan panggilan imamat di antara kaum muda. Penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan data-data berupa kata-kata dan tulisan atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun temuan dari tulisan ini, bahwasanya keikutsertaan kaum awam dalam pengembangan panggilan imamat di antara kaum muda nampak dalam kehidupan parokial. Perhatian dan keterbukaan umat secara tulus terhadap panggilan imamat di antara kaum muda Katolik akan dirasakan oleh mereka yang sudah mengarahkan diri kepada kehidupan sebagai imam.

Author Biography

Valentinus Saeng, STFT Widya Sasana Malang

Sekarang Mgr. Valentinus Saeng, CP Mengembantugas sebagai Uskup di Keuskupan Sanggau.

References

Anita, dan Badrun Kartowagiran. (2019) ‘Karakter Religius Pada Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta’, Jurnal Pendidikan Karakter 9 (2).

Banawiratma, Y. B. (1987) Ekaristi dan Kerja Sama Imam-Awam. Yogyakarta: Kanisius.

Black, James A and Dean J. (1992) Social Research Methods and Problems. New York: Macmillan Publishing.

DOKPEN KWI. (2019) Seri Dokumen Gerejawi No. 107: Orang Muda, Iman dan Penegasan Panggilan. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.

Go, Piet. (1984) Kerasulan Awam. Malang: Komisi Kerasulan Awam.

Go, Piet. (1988) Katolisitas Sekolah Katolik. Malang: Dioma.

Go, Piet. (1990) Pendidikan Nilai di Sekolah Katolik. Malang: Dioma.

Gunawan, V. (2016) ‘Identitas Kristus versus Krisis Identitas’, Youth Ministry, 4 (2). doi: https://doi.org/10.47901/jym.v4i2.445

Kwirinus, D. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga Disorot dari Surat Apostolik “Amoris Laetitia”. Vocat: Jurnal Pendidikan Katolik, 2(2), 60-69. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v2i2.123

Kwirinus, D. DKK. (2023). ‘Model Kepemimpinan Situasional dan Transformasional Kepala Sekolah SMAK Yos Sudarso Batu’. Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol. XI. Issu 1, 59-69. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9288

Madyo Utomo, K. D. (2018) ‘Identitas Diri dan Spiritualitas Pada Masa Remaja’, dalam Robert Pius Manik, Adi Saptowidodo, Antonius Sad Budianto (ed.) Pembaharuan Gereja Melalui Katekese. Malang: STFT Widya Sasana.

Martinus, dan Amadi. (2021) ‘Dampak Pendidikan Agama Katolik Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Negeri di Kota Pontianak’, Vocat: Jurnal Pendidikan Katolik, 1(1). doi: https://doi.org/10.52075/vctjpk.v1i1.15.

Mudjijo, Paulus. (2001) Pastoral Sekolah. Malang: IPI.

Napitupulu, E. L. (2022, April 26) Hasil pendidikan agama belum sejalan dengan penghargaan terhadap kemanusiaan. Kompas.Com. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2022/04/25/pendidikan-agama-masih-inkonsiten-dengan-pendidikan-karakter.

Nugraheni, A. (2022, April 26) Mengapresiasi kerelaan guru agama. Kompas.Com. https://www.kompas.id/baca/telaah/2022/04/26/mengapresiasi-kerelawanan-guru-agama.

Sairin, Weineta. (2006) Identitas dan Ciri Khas Pendidikan di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Santoso, Joko, Agus Budi Wahyudi, Atiqa Sabardila, Rani Setiawaty, dan Hari Kusmanto. (2019) ‘Character Education Value in the Expression of Hikmah in The,’ Jurnal Pendidikan Karakter 9 (1): 63–79.

Siswantara, Yusuf. (2021) ‘Paradigma Pendidikan Katolik: Kajian Komparasi atas Paradigma Pendidikan Nilai dan Karakter di Indonesia’, Vocat: Jurnal Pendidikan Katolik, 1(2). doi: https://doi.org/10.52075/vctjpk.v1i2.26.

Pratama, Alfonsius Yoga, Firmanto, Antonius Denny, dan Aluwesia Nanik Wijiyati. (2021) Urgensitas Pembinaan Iman Orang Muda Katolik Terhadap Bahaya Krisis Identitas’, Vocat: Jurnal Pendidikan Katolik, 1(2). DOI: https://doi.org/10.52075/vctjpk.v1i2.22 .

Tangdilintin, Philip. (1984) Pembinaan Generasi Muda, Visi dan Latihan. Jakarta: Obor.

Yohanes XXIII. (1993) Dokumen Konsili Vatikan II. Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, Jakarta: Obor.

Yohanes Paulus II. (1994) Pastores Dabo Vobis. Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, Jakarta: Obor.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Kwirinus, D., & Saeng, V. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristiani dan Tanggung Jawab Kaum Awam dalam Perkembangan Panggilan Imam di Kalangan Kaum Muda. VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK, 3(2), 62 - 69. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v3i2.240