OPTIMALISASI PENGGUNAAN BUKU CERITA BILINGUAL TERHADAP PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 IROYUDAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.52075/ja.v3i2.441Keywords:
Literasi Bahasa Inggris; Buku Cerita Bilingual Anak; Pendidikan Bilingual.Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan buku cerita bilingual dalam meningkatkan literasi bahasa Inggris siswa di SD Negeri 1 Iroyudan, Yogyakarta. Fokus pengabdian ini adalah untuk mengetahui efektivitas buku cerita bilingual dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris dan pemahaman siswa. Menggunakan pendekatan penelitian metode campuran, metode kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir untuk mengukur pemahaman membaca, wawancara dengan guru, dan observasi di kelas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam literasi bahasa Inggris siswa, terutama dalam penguasaan kosakata dan pemahaman membaca. Integrasi buku bilingual memungkinkan siswa untuk menghubungkan pemahaman bahasa Inggris melalui bahasa ibu mereka, sehingga membuat proses pembelajaran lebih mudah diakses dan menarik. Selain itu, guru melaporkan bahwa buku bilingual membantu menumbuhkan minat membaca yang lebih dalam dan memfasilitasi pengajaran konsep bahasa Inggris yang lebih kompleks. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa buku cerita bilingual anak adalah alat yang efektif dalam meningkatkan literasi bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Disarankan agar sekolah-sekolah mengintegrasikan buku bilingual dalam kurikulum mereka untuk mendukung perkembangan bahasa, terutama di kelas yang beragam, di mana siswa dapat memperoleh manfaat dari pendekatan pembelajaran lintas bahasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahayu Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.