Implementasi Terapi Relaksasi pada Kenyamanan dan Burnout Ibu dengan Anak Pra-Sekolah di TK Gunung Jati

Relaksasi: Burnout Ibu Pada Anak Prasekolah

Authors

  • Rizqi Wahyu Hidayati Jenderal Achmad Yani Yogyakarta University
  • Ike Wuri Winahyu Sari Jenderal Achmad Yani Yogyakarta University
  • Dwi Kartika Rukmi Jenderal Achmad Yani Yogyakarta University
  • Fajriyati N Azizah Jenderal Achmad Yani Yogyakarta University

DOI:

https://doi.org/10.52075/ja.v2i1.165

Keywords:

Anak Prasekolah; Burnout; Ibu; Relaksasi; Kenyamanan

Abstract

Burnout merupakan gangguan psikologis yang diakibatkan karena kelelahan baik fisik maupun psikologis. Salah satu penyebab dari burnout yaitu kebijakan pemerintah di kala pandemi Covid-19 tentang pembelajaran dengan menggunakan blended learning. Kegiatan ini mengkombinasikan antara pertemuan terbatas dan metode online. Hal ini tentu merupakan hal baru untuk ibu karena ia secara mendadak beralih fungsi menjadi pendamping belajar siswa di rumah. Burnout yang terjadi pada ibu ini diakibatkan karena adanya peran ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga, ibu pekerja, dan juga sebagai pendamping belajar anak. Oleh karena ini diberikan terapi relaksasi untuk meningkatkan kenyamanan dan menurunkan burnout pada ibu. Berdasarkan hasil yang didapatkan bahwa terapi rileksasi tersebut dapat menurunkan secara efektif rasa ketidaknyamanan ibu dengan p: 0,00 (p <0,05), tetapi tidak signifikan menurunkan burnout ibu dengan nilai p: 0, 795 (p <0,05). Terpai relaksasi sebaiknya diterapkan 2 kali sehari untuk menurunkan burnout pada ibu. Namun, apabila untuk kenyamanan, terapi ini efektif dilakukan sekali ketika rasa ketidaknyamanan tersebut muncul.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Hidayati, R. W., Sari, I. W. W., Rukmi, D. K., & Azizah, F. N. (2023). Implementasi Terapi Relaksasi pada Kenyamanan dan Burnout Ibu dengan Anak Pra-Sekolah di TK Gunung Jati: Relaksasi: Burnout Ibu Pada Anak Prasekolah. Amare, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.52075/ja.v2i1.165