Bimbingan Belajar Gratis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak-Anak di Desa Kayu Jati

Authors

  • Khairunnisah Nasution Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Happy Sri Rejeki Purba Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Irma Juliyanti Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.52075/ja.v2i1.189

Keywords:

pendampingan, penerapan, bimbingan belajar gratis, anak-anak

Abstract

Adapun alasan kegiatan bimbingan belajar gratis ini dilakukan, dikarenakan rendahnya hasil belajar anak-anak di Desa Kayu Jati yang mereka peroleh dari sekolah formal. Keterbatasan waktu dan fasilitas menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang dijelaskan yang diperoleh anak-anak tersebut dari guru di sekolah. Maka, Tim PKM menawarkan metode pengabdian dengan memberikan pendidikan tambahan berupa bimbingan belajar gratis dalam tiga tahap. Tahap I meliputi pendampingan yaitu memperkenalkan tim dengan keahlian masing-masing untuk mengajarkan materi per bidang studi. Selanjutnya, Tahap II mencakup penerapan dengan memberikan penjelasan terhadap masing-masing matapelajaran dalam waktu berbeda dan pemateri berbeda. Dalam tahap ini, anak-anak akan diberi materi berupa teks dan diarahkan dengan metode yang menarik dan tidak membosankan. Tahap III mencakup evaluasi meliputi kuis, tips mudah dan cepat dalam menjawab soal. Hasil dari pengadian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya hasil belajar anak-anak dalam proses belajar mengajar sesuai dengan pembelajaran yang sudah disusun sistematis.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Nasution, K., Purba, H. S. R., & Juliyanti, I. (2023). Bimbingan Belajar Gratis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak-Anak di Desa Kayu Jati. Amare, 2(1), 7-11. https://doi.org/10.52075/ja.v2i1.189