Bimbingan Belajar Gratis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak-Anak di Desa Kayu Jati
DOI:
https://doi.org/10.52075/ja.v2i1.189Keywords:
pendampingan, penerapan, bimbingan belajar gratis, anak-anakAbstract
Adapun alasan kegiatan bimbingan belajar gratis ini dilakukan, dikarenakan rendahnya hasil belajar anak-anak di Desa Kayu Jati yang mereka peroleh dari sekolah formal. Keterbatasan waktu dan fasilitas menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang dijelaskan yang diperoleh anak-anak tersebut dari guru di sekolah. Maka, Tim PKM menawarkan metode pengabdian dengan memberikan pendidikan tambahan berupa bimbingan belajar gratis dalam tiga tahap. Tahap I meliputi pendampingan yaitu memperkenalkan tim dengan keahlian masing-masing untuk mengajarkan materi per bidang studi. Selanjutnya, Tahap II mencakup penerapan dengan memberikan penjelasan terhadap masing-masing matapelajaran dalam waktu berbeda dan pemateri berbeda. Dalam tahap ini, anak-anak akan diberi materi berupa teks dan diarahkan dengan metode yang menarik dan tidak membosankan. Tahap III mencakup evaluasi meliputi kuis, tips mudah dan cepat dalam menjawab soal. Hasil dari pengadian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya hasil belajar anak-anak dalam proses belajar mengajar sesuai dengan pembelajaran yang sudah disusun sistematis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khairunnisah Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.