Implementasi Pendidikan Karakter Religius Terhadap Perilaku Siswa Sebagai Bentuk Moderasi beragama Di SMP Karya Budi Putussibau

Authors

  • Libertus Libertus SDS Karya Budi Putussibau

Keywords:

Implementasi, Karakter Religius, Prilaku

Abstract

Latar Belakang masalah yang dibahas ialah Implementasi Pendidikan Karakter Religius Terhadap Perilaku Siswa Sebagai Bentuk Moderasi Beragama di SMP Karya Budi Putussibau. Tujuan dari Penelitian ini, untuk mengetahui  Implementasi Pendidikan Karakter Religius Terhadap Perilaku Siswa Sebagai Bentuk Moderasi Beragama di SMP Karya Budi Putussibau, yakni membuka tahun ajaran pelajaran baru dengan Perayaan Ekaristi, Sebelum KBM merenungkan isi ayat Alkitab, Membuka dan mengakhiri pelajaran dengan doa, bertugas di gereja pada hari minggu. Pada bulan Kitab Suci Nasional mengadakan beraneka macam perlombaan kerohanian, retret tahunan, berziarah dan berdoa Rosario ke Gua Maria pada bulan Maria. Bentuk Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskritif kualitatif. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian adalah: wawancara dengan Kepala SMP Karya Budi Putussibau, wawancara dengan Waka Kesiswaan, wawancara dengan Guru Agama Katolik dan Budi Pekerti, wawancara dengan Guru Badan dan Konseling, wawancara dengan Wali kelas VII, wawancara dengan Wali kelas VIII, wawancara dengan Wali kelas IX, wawancara dengan Siswa kelas VII sepuluh orang, wawancara dengan Siswa kelas VIII sepuluh orang, dan wawancara dengan Siswa kelas IX sepuluh orang. Alat pengumpulan data berupa observasi dan Pedoman wawancara. Penelitian 1-2 bulan (Juli 2023). Kesimpulan dan implikasi penulisan ini  menunjukkan bahwa dampak pendidikan karakter religius terhadap perilaku siswa di SMP Karya Budi Putussibau, yakni: toleransi, disiplin, saling menghargai antar teman maupun guru, solidaritas, membuang sampah pada tempatnya, mengikuti kegiatan misdinar di Gereja, lektor, lektris, pemazmur, mengikuti pendalaman Kitab Suci pada Bulan BKSN, retret, dan koor pada Perayaan Ekaristi Hari Minggu di Gereja.

Downloads

Published

2024-01-09

Issue

Section

Articles