Konsep Desain Pembelajaran Berbasis Moderasi Beragama

Authors

  • Amar Ma'ruf nsitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak

Keywords:

Konsep Desain Pembelajaran, Berbasis Moderasi, Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep desain pembelajaran berbasis moderasi
beragama yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah-sekolah yang memiliki
siswa dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Latar belakang penelitian ini adalah
adanya perbedaan agama di antara siswa yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran di
kelas. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsep desain pembelajaran yang dapat
mempertimbangkan perbedaan agama tersebut. Metode yang digunakan adalah metode
Penelitian Kualitatif dengan Jenis Studi Pustaka. Penelitian kualitatif studi pustaka adalah
metode penelitian yang digunakan dalam penelitian konsep desain pembelajaran berbasis
moderasi beragama. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber-sumber
tertulis, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan Desain Pembelajaran
Berbasis Moderasi Beragama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep desain pembelajaran
berbasis moderasi beragama dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah-sekolah
yang memiliki siswa dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Konsep desain
pembelajaran ini mempertimbangkan perbedaan agama di antara siswa dan mengintegrasikan
nilai-nilai agama ke dalam pembelajaran. Selain itu, konsep desain pembelajaran ini juga
memperhatikan gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
bahwa konsep desain pembelajaran berbasis moderasi beragama dapat meningkatkan efektivitas
pembelajaran di sekolah-sekolah yang memiliki siswa dengan latar belakang agama yang
berbeda-beda. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru-guru dapat menggunakan konsep
desain pembelajaran ini untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas yang memiliki
siswa dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Selain itu, konsep desain pembelajaran
ini juga dapat diadaptasi untuk digunakan di sekolah-sekolah lain yang memiliki siswa dengan
latar belakang agama yang berbeda-beda.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Articles