Learning Loss: Kala Pandemi Menghilangkan Momentum Siswa Belajar Memahami Heterogenitas Keagamaan

Authors

  • Syamsul Kurniawan IAIN Pontianak
  • Ria Mutiani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Ulum Kubu Raya

Keywords:

Pandemi Covid-19, Learning Loss, Heterogenitas Keagamaan

Abstract

Latar belakang artikel ini adalah learning loss saat pandemi yang berdampak pada siswa yang kehilangan momentum belajar memahami heterogenitas keagamaan di sekitarnya. Setting penelitiannya di SDN 75 Pontianak Barat selama masa pandemi. Sekolah Dasar ini dipilih karena dari segi komposisi siswanya sangat multikultural, dengan minoritas non-muslim, sehingga sebenarnya sangat relevan untuk kebutuhan pembelajaran tentang heterogenitas keagamaan. Namun komposisi ini sama sekali tidak bisa dijadikan modal apapun yang produktif dalam kaitannya dengan kebutuhan tersebut selama masa pandemi. Artikel ini ditulis berangkat dari hasil penelitian empiris yang kami lakukan sepanjang tahun 2021. Pengumpulan data penelitian secara kualitatif. Sementara dalam menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, mengabstraksi, dan mengubah sumber-sumber data ini empirik lainnya yang oleh Matthew B. Miles dan A.M Huberman disebut sebagai proses mengkondensasi data, kami mengubah data yang sebelumnya menguap menjadi lebih padat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi learning loss selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan di SDN 75 yang kemudian berdampak tidak optimalnya siswa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibangun untuk memahami heterogenitas keagamaan di sekitarnya. Penyebabnya: satu, pembelajaran jarak jauh (PJJ) kurang optimal dalam membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa sejalan dengan kebutuhan memahami heterogenitas keagamaan; dua, belum tersedianya blue print yang memungkinkan PJJ bisa berlangsung sama optimalnya dengan kelas-kelas tatap muka (luring) dalam membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sadar tentang heterogenitas keagamaan; dan tiga, keterbatasan fasilitas dan sumber daya mengakibatkan kendala-kendala teknis dalam belajar secara PJJ, yang berdampak  kurang optimalnya pengalaman belajar siswa dalam memahami heterogenitas keagamaan.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles