https://ejournal.stakatnpontianak.ac.id/index.php/amare/issue/feed Amare 2024-12-17T01:51:06+00:00 Varetha Lisarani varethalisarani@stakatnpontianak.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Amare</strong> is an open-access scientific journal managed by the Pusat Penelitian dan Pengabdian (P3M) and published by Sekolah Tinggi Agama Katolik (STAKat) Negeri Pontianak, which contains the publication of research-based <em>community service</em> results in the fields of <em>religion, education, socio-culture, health, agriculture, law and economics. </em></p> https://ejournal.stakatnpontianak.ac.id/index.php/amare/article/view/440 MENUMBUHKAN JIWA KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS MAHASISWA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BATIK SHIBORI 2024-08-12T01:34:44+00:00 Iva Mindhayani ivamindhayani@gmail.com Intan Permatasari intanpermatasari97@mail.ugm.ac.id Dina Adinda Ronatal Sihombing dinasihombing68@gmail.com Regi Haryadi regtriharyadi200cc@gmail.com <p>Pengembangan kreativitas dan keahlian mahasiswa sangat penting untuk memperluas wawasan mereka di luar lingkungan akademis. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui kegiatan pelatihan seni seperti membatik <em>Shibori</em>. Teknik ini tidak hanya memperkenalkan seni membatik asal Jepang, tetapi juga meningkatkan keterampilan artistik dan kreativitas. Tujuan kegiatan abdimas ini adalah; 1) Untuk menambah ketrampilan dan kreativitas mahasiswa, 2) Menumbuhkan jiwa kemandirian berwirausaha pada mahasiswa, 3) Turut andil dalam melestarikan budaya daerah dengan mengembangkan batik <em>Shibori</em>. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah; a) Pemaparan materi, b) Praktik. Pelaksanaan berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan yang direncanakan. Pada kegiatan ini dilakukan evaluasi dengan cara memberikan <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dan kemampuan sebesar 82,36%. Berbagai motif batik yang dihasilkan bervariasi, seperti motif lipatan persegi, <em>itajime</em>, <em>kumo</em>, dan <em>miura</em>. Selain meningkatkan keterampilan teknis, pelatihan ini juga memacu kemandirian peserta.</p> 2024-12-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Iva Mindhayani, Intan Permatasari, Dina Adinda Ronatal Sihombing, Regi Haryadi https://ejournal.stakatnpontianak.ac.id/index.php/amare/article/view/495 PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BERBASIS KITAB SUCI DAN DOKUMEN GEREJA BAGI ORANG MUDA KATOLIK DI PAROKI BUNDA MARIA JERUJU KEUSKUPAN PONTIANAK 2024-10-16T04:32:16+00:00 Yohanes Chandra Kurnia Saputra yohaneschandrakurniasaputra@gmail.com Adi Ria Singir Meliyanto riaa6052@gmail.com <p>Tujuan kegiatan ini untuk membekali Orang Muda Katolik (OMK) dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung toleransi, inklusivitas, dan dialog antarumat beragama. Metode sosialisasi digunakan untuk penyampaian nilai-nilai moderasi secara langsung dan interaktif. Pendekatan ini memfasilitasi diskusi dan interaksi antaranggota komunitas, sehingga pesan moderasi dapat diinternalisasi dengan lebih efektif, mendorong perubahan sikap dan perilaku yang mendukung toleransi dan inklusivitas. Hasil temuan menegaskan bahwa pandangan Gereja Katolik tentang moderasi beragama tercermin dalam ajaran Kitab Suci dan dokumen Gereja, yang menekankan cinta, saling menghormati, dan dialog antar agama untuk mencapai perdamaian. OMK memiliki potensi besar sebagai agen perubahan sosial dalam mewujudkan moderasi beragama dengan mempromosikan inklusivitas dan memperkuat hubungan lintas budaya. Melalui kerjasama lintas agama, lembaga pendidikan, dan NGO, mereka dapat menyebarkan nilai-nilai moderasi dan toleransi secara efektif. Simpulan dalam kegiatan ini terdapat dalam rancangan program moderasi beragama bagi OMK yang mencakup dialog antaragama, pelatihan moderasi, kegiatan sosial lintas agama, dan seminar untuk mempromosikan toleransi serta kerjasama. Selain itu, program pendidikan bagi anak dan remaja serta forum diskusi online juga disiapkan untuk memperluas pemahaman tentang moderasi beragama di kalangan umat.</p> 2024-12-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Yohanes Chandra Kurnia Saputra Yohanes Chandra Kurnia Saputra, Adi Ria Singir Meliyanto https://ejournal.stakatnpontianak.ac.id/index.php/amare/article/view/503 OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS IKM ANANTA BATIK MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN MEJA POTONG 2024-10-29T01:42:14+00:00 Dedy Harianto dedy_mits@yahoo.com Hamdan S. Bintang hamdan@gmail.com Agus Ardiyanto agusard@gmail.com Vallen Laurinda Defrina Widyawan vallen_12@gmail.com <p>Industri batik merupakan bagian penting dari sektor tekstil dan pakaian Indonesia yang mencerminkan kekayaan budaya bangsa. Di IKM Ananta Batik, permasalahan terjadi karena pemotongan kain batik dilakukan di lantai, menyebabkan ketidaknyamanan dan potensi kesalahan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kenyamanan kerja karyawan melalui pelatihan penggunaan meja potong yang ergonomis. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pelaksanaan kegiatannya adalah dengan ceramah dan memberikan pelatihan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan meja potong ergonomis mengurangi kelelahan fisik, meningkatkan kecepatan dan akurasi pemotongan kain, serta meningkatkan produktivitas. Evaluasi melalui kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan penurunan keluhan fisik pada punggung dan lutut serta peningkatan kenyamanan kerja. Selain itu, pelatihan ini membantu karyawan dalam meningkatkan keterampilan teknis mereka. Implementasi meja potong ergonomis secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi batik tanpa mengorbankan kesehatan pekerja.</p> 2024-12-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dedy Harianto, Hamdan S. Bintang, Agus Ardiyanto, Vallen Laurinda Defrina Widyawan https://ejournal.stakatnpontianak.ac.id/index.php/amare/article/view/441 OPTIMALISASI PENGGUNAAN BUKU CERITA BILINGUAL TERHADAP PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 IROYUDAN YOGYAKARTA 2024-05-21T03:31:33+00:00 Rahayu Rahayu rahayu@unu-jogja.ac.id <p>Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan buku cerita bilingual dalam meningkatkan literasi bahasa Inggris siswa di SD Negeri 1 Iroyudan, Yogyakarta. Fokus pengabdian ini adalah untuk mengetahui efektivitas buku cerita bilingual dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris dan pemahaman siswa. Menggunakan pendekatan penelitian metode campuran, metode kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir untuk mengukur pemahaman membaca, wawancara dengan guru, dan observasi di kelas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam literasi bahasa Inggris siswa, terutama dalam penguasaan kosakata dan pemahaman membaca. Integrasi buku bilingual memungkinkan siswa untuk menghubungkan pemahaman bahasa Inggris melalui bahasa ibu mereka, sehingga membuat proses pembelajaran lebih mudah diakses dan menarik. Selain itu, guru melaporkan bahwa buku bilingual membantu menumbuhkan minat membaca yang lebih dalam dan memfasilitasi pengajaran konsep bahasa Inggris yang lebih kompleks. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa buku cerita bilingual anak adalah alat yang efektif dalam meningkatkan literasi bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Disarankan agar sekolah-sekolah mengintegrasikan buku bilingual dalam kurikulum mereka untuk mendukung perkembangan bahasa, terutama di kelas yang beragam, di mana siswa dapat memperoleh manfaat dari pendekatan pembelajaran lintas bahasa.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rahayu Rahayu https://ejournal.stakatnpontianak.ac.id/index.php/amare/article/view/499 PELATIHAN RAGAM MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KOTA PONTIANAK 2024-11-12T01:55:16+00:00 Gustaf Hariyanto gustafhariyanto@stakatnpontianak.ac.id Florensius Sutami fsut@gmail.com Hugo Theo Kurniason kuenison@gmail.com Florentina Florentina folololo@gmail.com Aldi Afrianza Sinulingga sinulinggaaldi2@gmail.com <p>Di era komunikasi digital saat ini tantangan bagi para pendidik Pendidikan Agama Katolik (PAK) semakin berat. Peran guru PAK menjadi kompleks dan strategis dalam membangun religiusitas dan budi pekerti siswa. Ini juga berarti mengandaikan penguasaan dalam menggunakan beragam model pembelajaran untuk menstimulasi keinginan belajar siswanya. Oleh sebab itu, dianggap perlu diadakan suatu pelatihan model pembelajaran. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan model pembelajaran. Oleh sebab itu, pelatihan dipandang sangat penting, dan menjadi fokus pengabdian masyarakat ini. Pelatihan ini diadakan di Kota Pontianak yang ditujukan bagi sejumlah guru PAK pada jenjang SD. Metode kegiatan meliputi pelatihan oleh narasumber di bidangnya, berikut dengan sesi diskusi antara pelatih dan para partisipan pelatihan. Hasilnya memperlihatkan kemajuan yang berarti mengenai penggunaan model-model pembelajaran seturut kebutuhan siswa: dari yang sebelumnya kurang memahami menjadi lebih memahami keberagaman model. Berbagai model ini pada prinsipnya ditata seturut kebutuhan praktis terkait bagi tenaga pendidik yang belum memahami penggunaan model pembelajaran. Spesifikasi pembelajaran dapat meningkat bersamaan keperluan pembelajar yang bersifat beragam seturut berjalannya waktu. Perlunya penguasaan atas beragam model seperti tersebut adalah untuk merespon berbagai transformasi dalam pendidikan.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Gustaf Hariyanto, Florensius Sutami, Hugo Theo Kurniason, Florentina Florentina, Aldi Afrianza Sinulingga https://ejournal.stakatnpontianak.ac.id/index.php/amare/article/view/505 PEMBERDAYAAN SDM MELALUI PELATIHAN MENJAHIT UNTUK IBU RUMAH TANGGA PADA PENJAHIT DEVINA 2024-11-25T07:13:24+00:00 Ni Kadek Yuliandari adeqyuliandari@gmail.com Kurnia Riesty Utami restyuy@gmail.com Dilla Cattleyana cttleh9@gmail.com Sofia Asyriana sofiay@gmail.com Arif Rahman Hakim arifrahmanhakim@gmail.com Teguh Purnomo teguhpurnomo@gmail.com Winda Hurotul Aini ainihu87@gmail.com <p>Tim Pengabdian Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi melaksanakan kegiatan pelatihan menjahit untuk menambah keterampilan mendesain, memotong dan menjahit kain untuk ibu-ibu rumah tangga yang ada di Perumahan Kertosari Land. Ibu-Ibu rumah tangga yang berada pada Kawasan tersebut masih banyak yang belum teredukasi melalui pelatihan menjahit. Sehingga, tim menggagas pelatihan untuk Ibu rumah tangga yang berada pada Kawasan tersebut. Berdasarkan atas kondisi tersebut, maka tim pengabdi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi bermaksud untuk membantu memberikan solusi melalui pelatihan terhadap ibu rumah tangga yang berminat menguasai keterampilan mendesain, memotong dan menjahit kain. Hal ini bertujuan untuk membantu terwujudnya harapan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia. Pelatihan dilakukan dengan melibatkan seorang mentor yang akan melatih peserta sebanyak 5 orang. Pada tahap pelaksanan diawali dengan memberikan edukasi terkait dengan pentingnya memiliki dan menguasi keterampilan menjahit yang nantinya bermanfaat untuk menambah pengahasilan keluarga. Kemudian, peserta diberikan pelatihan agar terampil dalam mendesain, memotong dan menjahit kain menjadi pakaian. Pelatihan dilakukan selama 3 kali pertemuan dengan durasi 1 kali pertemuan selama 6 jam. Evaluasi dilakukan dengan cara menilai hasil akhir jahitan dari peserta pelatihan yang dilakukan oleh mentor dan tim pengabdi dari Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Kadek Yuliandari, Kurnia Riesty Utami, Dilla Cattleyana, Sofia Asyriana, Arif Rahman Hakim, Teguh Purnomo, Winda Hurotul Aini